Uncategorized

Wanita Wajib Tahu, Ini Efek Samping Pemakaian Betadine Vaginal Douche

Menjaga kebersihan vagina merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para wanita. Selain rutin mencuci, sebagian besar wanita banyak mempercayakan kebersihan vaginanya dengan menggunakan Betadine Vaginal Douche.

Produk yang mengandung povidone iodine 10 persen ini dikenal ampuh mengatasi berbagai masalah pada vagina mulai dari mengobati keputihan, iritasi ringan dan gatal-gatal pada vagina, mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada vagina, hingga menjaga kebersihan dan mencegah bau pada vagina.

Betadine Vaginal Douche bekerja dengan cara membunuh kuman penyebab infeksi. Obat ini digunakan sebagai pembersih vagina untuk mengobati peradangan vagina atau vaginitis yang ditandai keputihan dan gatal akibat jamur candida dan trichomonas, infeksi bakteri nonspesifik atau campuran.

Tetapi, meskipun memberikan kesegaran pada vagina, Anda juga harus tahu kalau produk satu ini tak lepas dari efek samping yang harus diperhatikan. 

Jika Anda menggunakan Betadine Vaginal Douche secara rutin maka kemungkinan besar bakteri baik di dalam vagina Anda akan mati dan menghilang serta menimbulkan beberapa efek samping.

Adapun efek samping yang mungkin timbul, antara lain: 

1. Infeksi Jamur

Efek samping Betadine Vaginal Douche yang pertama yaitu infeksi jamur. Penyebabnya karena bakteri sehat di dalam vagina mencegah tumbuhnya jamur secara berlebihan di vagina akan terganggu akibat douching. Hal ini dapat menyebabkan infeksi jamur.

Penggunaan vaginal douching dapat mengganggu keseimbangan ekosistem bakteri alami di vagina. Wanita yang sering menggunakan vaginal douche dinilai lima kali lebih mungkin mengalami infeksi bakteri pada vagina.

Selain itu, beberapa wanita justru menggunakan vaginal douche saat mereka telah mengalami infeksi dengan harapan dapat mengatasinya. Namun, pada kenyataannya dapat memperparah keadaan bahkan infeksi ini dapat menyebar ke bagian organ reproduksi lainnya.

Dalam jangka panjang, infeksi bakteri pada vagina dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, penyakit menular seksual, dan mungkin saja menyebar ke organ reproduksi lainnya.

2. Penyakit Radang Panggul  

Penyakit radang panggul adalah infeksi yang berkembang di organ reproduksi, seperti rahim, tuba falopi, atau sel telur. Sebagian besar kasus radang panggul disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS).

Ternyata, penggunaan vaginal douching ternyata turut meningkatkan seseorang mengalaminya, bahkan hingga 73%. Bahkan, satu dari delapan wanita dengan riwayat radang panggul mengalami kesulitan hamil.  

3. Kanker Serviks

Sama seperti radang panggul, kanker serviks ini juga banyak disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). 

Namun, wanita yang selalu menggunakan Betadine Vaginal Douche ini juga beresiko besar terkena kanker serviks. 

4. Komplikasi kehamilan

Wanita yang menggunakan vaginal douche secara teratur, terutama lebih dari satu kali seminggu, dinilai lebih sulit hamil. 

Tidak hanya itu, penggunaan vaginal douche juga meningkatkan berbagai komplikasi kehamilan, seperti kehamilan ektopik, keguguran, dan kelahiran prematur.

Betadine Vaginal Douche Aman Selama Tidak Berlebihan

Sebenarnya Anda tidak perlu repot menggunakan alat kesehatan vagina seperti vaginal douche untuk membersihkan organ kewanitaan.

Hal ini dikarenakan vagina menghasilkan lendir yang bertindak sebagai agen pembersih alami untuk membersihkan darah, air mani dan keputihan.

Tetapi, penggunaan Betadine Vaginal Douche sering kali diresepkan oleh dokter untuk membersihkan jamur pada vagina. Soal keamanannya, banyak penelitian yang sudah membahas produk vaginal douche sebagai pembersih vagina. 

Sebenarnya, jika dipakai sesuai dengan anjuran, produk ini aman dan berkhasiat untuk menjaga kebersihan vagina. Pakar dari American College of Obstetricians and Gynecologysts (ACOG), Anda harus sebisa mungkin menghindari pakai vaginal douche terlalu sering.  

Untuk pemakaian produk ini sebaiknya disesuaikan dengan anjuran dari dokter yang merawat. Jika Anda disarankan untuk melakukan vaginal douche 1 kali saja, sebaiknya Anda cukup menggunakannya 1 kali. Jangan menambah jangka pemakaian karena akan berbahaya. 

Jika ingin khasiatnya Anda rasakan, yang perlu dilakukan hanya memakainya dengan cara yang tepat. Dosis yang dianjurkan sebagai berikut:

  • Pengobatan gejala infeksi: setiap malam termasuk saat haid selama 2 minggu.
  • Desinfektan vagina: 2 kali seminggu termasuk saat haid.

Setelah memakai Vaginal Douche, pastikan Anda keringkan daerah vagina dan sekitarnya yang masih lembap. Tapi hati-hati ketika Anda mengeringkan vagina usai douching.