Uncategorized

Tips Memilih Rumah Sakit di Batam untuk Rawat Inap

Ketika Anda dihadapkan pada kondisi kesehatan yang mengharuskan rawat inap, seperti melahirkan, kecelakaan, operasi bedah, maupun menderita penyakit tertentu, hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih rumah sakit terbaik. 

Di Indonesia, ada banyak rumah sakit yang menawarkan layanan dan fasilitas yang sesuai dengan tipe atau kelas faskes tersebut. 

Nah, kalau Anda berdomisili di Kepulauan Riau, tepatnya di Kota Batam, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih rumah sakit di Batam.

Sebagai informasi awal, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu daftar rumah sakit di Batam secara online di situs dan aplikasi kesehatan seperti SehatQ. 

Di sana, Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai alamat, fasilitas yang diberikan, hingga daftar dokter yang praktik di faskes tersebut. 

Lalu, bagaimana tips mencari rumah sakit di Batam? Yuk, simak informasinya berikut ini. 

1. Lokasi Dekat dengan Tempat Tinggal

Saat ini, terdapat puluhan rumah sakit di Batam yang bisa Anda pilih. Lokasi menjadi poin pertama yang mesti jadi pertimbangan. Apalagi kalau penyakit atau kondisi Anda maupun anggota keluarga yang memerlukan rawat inap. 

Lokasi rumah yang dekat dengan rumah sakit memudahkan mobilitas dari orang yang akan menunggu saat dirawat nanti. 

Selain itu, ketika Anda atau keluarga sudah diperbolehkan pulang tetapi masih harus kontrol ke dokter (rawat jalan), perjalanan tidak akan terlalu melelahkan karena dekat dari rumah.

2. Pertimbangkan Fasilitas dan Ketersediaan Dokter

Umumnya, semakin mahal biaya perawatan di rumah sakit, semakin lengkap pula fasilitas kesehatan yang ditawarkan. Tetapi, Anda bisa menyesuaikan kondisi penyakit dan kemampuan dalam pembayarannya. 

Terpenting, perhatikan apakah rumah sakit tersebut memiliki peralatan yang lengkap atau tidak, dan sepadat apa kapasitas ruangannya.  Kalau pasien adalah anak-anak, pastikan rumah sakit tersebut memiliki Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU).  

Lalu, perhatikan ketersediaan dokter di rumah sakit itu. Apabila rumah sakit tersebut terlihat sepi atau dokternya jarang ada di tempat, lebih baik pilih rumah sakit yang lain.

3. Mengutamakan Kenyamanan

Meski sifatnya relatif, kenyamanan merupakan poin yang tak kalah penting dalam menentukan rumah sakit untuk rawat inap. Baik pada tempat maupun sumber daya manusia di dalamnya, tak terkecuali dokter. 

Jika tak cukup nyaman, sebaiknya cari pilihan rumah sakit di Batam lainnya. Hal ini karena akan berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda nantinya.  

Biasanya ini berdasar pada pengalaman, informasi di internet, atau rekomendasi dari orang terdekat. Jika Anda sudah yakin dan merasa nyaman, proses pemeriksaan dan pengobatan pun bisa berjalan lancar.

4. Tersedia Metode Pembayaran yang Bervariasi

Bila Anda termasuk keluarga yang berkecukupan, biaya rawat inap rumah sakit mungkin bukan masalah yang berarti. 

Namun, ada baiknya juga bila Anda memilih rumah sakit dengan biaya rawat inap yang relatif terjangkau, memiliki fasilitas maupun pelayanan yang memadai, dan memiliki beberapa pilihan pembayaran. 

Sehingga, pengobatan si Kecil bisa dibayar menggunakan asuransi seperti BPJS ataupun biaya mandiri.

5. Usahakan Rumah Sakit Termasuk Rekanan Asuransi

Kalau Anda memiliki asuransi kesehatan, sebelum memutuskan mendatangi rumah sakit di Batam maka bisa terlebih dahulu menghubungi pihak asuransi. 

Sebelum daftar rawat inap, baiknya Anda hubungi dulu konsultan asuransi kesehatan tempat Anda mendaftar. Mereka akan menjelaskan berbagai hal yang perlu Anda urus dan siapkan. 

Selain itu, mereka juga akan memberitahukan Anda apakah biaya perawatan tersebut sepenuhnya ditanggung sesuai perjanjian, atau justru ada biaya lain yang perlu Anda bayarkan. Maka, usahakan untuk gali lebih dalam seputar detail pelayanan kesehatan yang difasilitasi oleh asuransi Anda.

Sudah jelas tips sebelum memutuskan rawat inap di rumah sakit di Batam? Jangan sampai salah pilih, ya!