Obat

Tidak Hanya CDR, Makanan Ini Juga Dapat Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Anda

Vitamin C memiliki manfaat yang begitu besar sehingga tidak heran jika setiap orang sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian dari vitamin C tanpa terkecuali termasuk ibu hamil dan anak – anak. Bagi ibu hamil, vitamin C memberikan manfaat untuk perkembangan kesehatan janin dan kebutuhan nutrisinya. CDR adalah suplemen vitamin C yang aman bagi ibu hamil yang dapat membantu untuk memenuhi asupan vitamin C setiap harinya.

Bagi ibu hamil, vitamin C ini bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel serta membentuk kolagen di dalam tulang, kulit, otot bahkan pembuluh darah. Dan yang terpenting adalah vitamin C mempunyai sifat antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, memperbaiki jaringan yang rusak dan membantu proses penyembuhan luka.

Selain manfaat di atas, berikut ini beberapa manfaat lainnya yang diberikan untuk ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungan.

1. Membantu penyerapan zat besi

Ibu hamil sangat memerlukan zat besi yang akan membantunya untuk membentuk sel darah merah dan mencegah anemia. Di sisi lain, vitamin C ini sangat membantu penyerapan zat besi yang terjadi di dalam tubuh. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C.

2. Mendukung pertumbuhan bayi

Selain ibu yang mendapatkan manfaat dari vitamin C, janin yang berada dalam kandungan pun juga mendapatkannya. Hasil dari beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah – buahan yang mengandung vitamin C dapat menjaga kondisi kesehatan dan tumbuh kembang janin.

3. Mengurangi risiko preeklampsia

Preeklamsia ialah sebuah kondisi saat adanya peningkatan tekanan darah yang disertai dengan adanya protein dalam urine. Kondisi ini biasanya terjadi pada kehamilan usia 20 minggu, tetapi ada pula yang baru mengalaminya di trimester ketiga. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C dan E akan sangat membantu untuk mengurangi kondisi ini.

4. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Kondisi kadar gula darah meningkat saat hamil ini disebut dengan diabetes gestasional. Kondisi ini tentunya berbahaya untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko mengalami persalinan prematur, bayi lahir dalam kondisi berat badan berlebih hingga terjadinya preeklampsia. Nah, vitamin C ini dapat untuk mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

Begitu besarnya manfaat vitamin C bagi ibu hamil bukan? Jadi tidak heran jika CDR atau suplemen lainnya begitu membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C. Akan tetapi, jika tidak ingin meengonsumsi suplemen seperti CDR, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

5. Jeruk

Jeruk lemon dan jeruk nipis termasuk di dalamnya. Dengan mengonsumsi jeruk, tentunya akan membantu Anda untuk memperkuat daya tahan tubuh salama kehamilan dan mampu untuk melawan radikal bebas yang menjadi sumber penyakit.

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang begitu besar sehingga sangat baik untuk ibu hamil.

6. Jambu Biji

Selain jeruk, jambu biji merupakan buah – buahan yang menjadi sumber vitamin C terbaik. Jambu biji mengandung vitamin A, kalium, fosfor, dan serat. Selain itu, jambu biji juga dapat mengontrol kadar gula darah sehingga Anda dapat terhindar dari risiko diabetes gestasional saat sedang mengandung.

7. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, kalsium, serta, folat bahkan antioksidan. Jadi dari Anda mengonsumsi brokoli ini akan berguna untuk menjaga kesehatan kandungan dan diri sendiri dengan memberikan nutrisi yang memang dibutuhkan.

8. Bayam

Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil seperti vitamin A, vitamin K, folat, kalium dan zat besi. Sekitar 30 gram bayam terdapat 8.5mg vitamin C.

9. Kubis 

Nyatanya, kandungan vitamin C yang terdapat pada sayuran ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Satu cangkir kubis, terdapat 80.4 mg vitamin C. Tidak hanya itu, mineral dan asam lemak yang baik bagi tubuh juga terdapat di dalam kubis.Nah, itulah 5 makanan yang bisa menjadi sumber vitamin C jika Anda tidak ingin mengonsumsi suplemen seperti CDR. Vitamin C memiliki manfaat yang begitu besar bagi ibu hamil. Jadi, jangan sampai kekurangan vitamin C, ya!