Tips

Tak Perlu Operasi, Inilah Cara Menipiskan Bibir Menggunakan Makeup

Bibir merupakan bagian tubuh yang memiliki pesonanya sendiri. Meskipun saat ini banyak orang yang menginginkan bibir tebal, tren bibir tipis tetap tak pernah kehabisan penggemar. Pasalnya, bibir tipis menunjukkan seolah-olah wajah terkesan lebih muda dan segar. 

Terdapat berbagai cara menipiskan bibir mulai dari menggunakan bahan-bahan alami seperti lemon, madu, lidah buaya, dan sebagainya, akan tetapi hasilnya belum terbukti efektif. Ada pula yang menggunakan cara operasi permanen dengan risiko tinggi dan harga relatif mahal. 

Namun, kali ini ada cara yang lebih mudah dengan hasil yang cukup memuaskan yaitu menggunakan trik makeup.    

  1. Jangan gunakan lip gloss

Efek glossy membuat bibir semakin tampak besar, penuh, serta garis bibir seolah-olah tak berbatas. Jika terpaksa memakai lip gloss, maka cukup pakai di area tengah bibir bawah secara tipis-tipis. Anda juga bisa memilih lipstik dengan tipe matte untuk menipiskan bibir. 

  1. Hindari warna lipstick terang

Warna terang memberikan kesan bibir lebar dan luas. Pastikan lipstick yang akan diaplikasikan bernuansa natural atau gelap. Jika Anda mempunyai warna kulit terang, sebaiknya pilih lipstick dengan warna merah maroon. Akan tetapi, jika kulit Anda cenderung gelap, warna merah bata bisa menjadi pilihan. 

  1. Gunakan warna gradien atau ombre

Teknik pewarnaan bibir asal Korea Selatan ini sedang menjadi tren di Indonesia. Perpaduan warna yang unik memberikan kesan imut pada bibir. Berikut langkah-langkah singkat cara membuat lipstick ombre:

  • Gunakan lip balm agar bibir tidak kering
  • Aplikasikan lipstick berwarna gelap untuk bagian dalam bibir
  • Gunakan concealer di bibir bagian luar dan garis bibir agar tersamarkan
  • Tindih bagian bibir yang telah digunakan concealer dengan lipstick berwarna nude atau lebih terang dari lipstick bibir bagian dalam
  1. Isi bagian dalam bibir

Bagian dalam bibir perlu diwarnai dengan lipstick agar tak hanya bagian luar saja yang terlihat mencolok. Namun, tetap perhatikan kerapiannya agar tidak terkena gigi. Anda bisa meratakan lipstick menggunakan jari dengan cara mengoles lipstick bagian luar dan menariknya ke dalam. 

Anda juga bisa menggunakan pensil bibir dengan warna yang senda dengan lipstik. Gariskan pensil pada bibir dalam bagian atas dan bawah secara merata.

Hindari memberi garis pada bibir bagian luar karena akan semakin memperlihatkan bentuk bibir tebal dan penuh.  

  1. Gunakan primer bibir

Berbeda dengan primer wajah yang berfungsi membuat makeup di atasnya seperti foundation dan bedak menempel dengan sempurna, primer bibir dibuat khusus agar lipstick lebih tahan lama. Dengan demikian, trik makeup menipiskan bibir yang telah diaplikasikan tidak mudah pudar. Selain itu, primer bibir juga bisa menyamarkan garis-garis halus di bibir.  

  1. Gunakan concealer

Berbeda dengan teknik ombre yang hanya mengaplikasikan concealer di area garis bibir luar, kali ini Anda bisa mengoleskan concealer menggunakan kuas ke semua area bibir. Fokuskan ke area garis bibir. Setelah itu, volum bibir penuh akan tersamarkan dan penggunaan lipstick bisa diatur sesuai tebal dan tipis yang diinginkan. Cara menipiskan bibir menggunakan makeup harus disesuaikan dengan kondisi bibir Anda. Jika bibir cenderung sensitif, maka pilih lipstick atau makeup bibir yang tidak mengandung fragrance. Begitu pula dengan bibir kering, Anda sebaiknya tidak melupakan penggunaan lip balm sebelum menggunakan makeup bibir yang lainnya.