Hidup Sehat

Sering Digunakan Anak-Anak, Ini Manfaat Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih sangat populer digunakan oleh masyarakat dari berbagai golongan usia, baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Sebagai bahan organik, ada banyak manfaat minyak kayu putih yang bisa Anda rasakan bagi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, minyak kayu putih dihasilkan dari penyulingan uap daun segar dari pohon kayu putih. Minyak ini banyak digunakan sebagai bahan dasar makanan dan juga obat. 

Bahkan, penggunaan minyak kayu putih tidak hanya populer di Indonesia saja, tetapi juga di negara-negara lain di dunia. 

Manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan tubuh

Manfaat minyak kayu putih bisa didapatkan baik ketika minyak tersebut dikonsumsi sebagai bahan makanan atau ketika dijadikan minyak untuk pengobatan eksternal. Minyak ini secara khusus dipercaya memiliki manfaat seperti terapi bagi fungsi-fungsi tubuh.

Beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan setelah menggunakan minyak kayu putih antara lain: 

  • Perawatan kulit

Banyak orang menggunakan minyak kayu putih dengan cara mengoleskannya ke permukaan kulit, termasuk kulit wajah. Minyak kayu putih yang digunakan untuk kulit wajah bisa membantu untuk mengatasi masalah jerawat.

Di dalam minyak kayu putih, terdapat sejumlah kandungan yang mampu menyerang bakteri-bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak ke dalam air, kemudian oleskan di wajah menggunakan kapas, seperti saat menggunakan toner wajah.

Meski berbahan minyak, minyak kayu putih juga bisa menghilangkan minyak berlebih dan mengangkat kotoran dari wajah. Dengan begitu, masalah jerawat di kulit wajah Anda akan lebih terkendali. 

  • Meredakan hidung tersumbat

Anda mungkin pernah melihat beberapa orang yang menghirup aroma minyak kayu putih ketika sedang flu. Sebenarnya, upaya ini dilakukan karena minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk meredakan hidung tersumbat.

Tidak hanya hidung tersumbat, minyak ini juga bisa meredakan tenggorokan dan masalah pada organ pernapasan lainnya, seperti saat Anda sakit batuk, infeksi, dan radang tenggorokan. 

  • Sebagai antiseptik dan pembunuh bakteri

Salah satu manfaat minyak kayu putih yang paling berharga adalah kemampuannya untuk bekerja sebagai antiseptik dan pembunuh bakteri. Pemakaian minyak kayu putih sangat efektif untuk menghilangkan infeksi, khususnya infeksi bakteri, virus, jamur, dan tetanus.

Ketika Anda mengalami luka eksternal, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada permukaan luka tersebut. Mungkin Anda akan merasa perih selama beberapa waktu, tapi rasa perih itu akan hilang seiring dengan membaiknya kondisi luka Anda berkat kandungan dari minyak kayu putih. 

  • Meredakan sakit gigi

Percaya atau tidak, minyak kayu putih juga bagus untuk meredakan gejala sakit gigi. Fungsinya serupa dengan minyak cengkeh.

Untuk menggunakannya, pertama-tama tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada kapas. Kemudian, tempelkan kapas di antara area gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa jam. 

Nantinya, rasa sakit gigi akan mereda seiring berjalannya waktu. Tidak hanya meredakan sakit gigi, minyak kayu putih pada kapas tersebut juga akan membantu mendisinfeksi gigi Anda serta membunuh kuman-kuman di mulut. 

  • Perawatan rambut

Minyak kayu putih mampu melembabkan rambut dan kulit kepala, membuat rambut tetap sehat dan kenyal. Bila Anda memiliki kondisi kulit kepala kering, bersisik, dan berketombe, minyak kayu putih mampu mengatasi hal tersebut.

Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih ke kulit kepala Anda sesering mungkin. 

Itulah beberapa manfaat minyak kayu putih bila digunakan secara teratur dan rutin. Penggunaan minyak kayu putih bisa membantu meredakan berbagai gejala tanpa mengharuskan Anda untuk mengonsumsi obat tertentu.