Tips

Perlukah Menggunakan Suplemen Bayi?

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan manusia jika ingin menjaga kesehatan. Salah satu cara untuk membantu menjaga kondisi mereka adalah menggunakan suplemen. Suplemen tidak hanya dikonsumsi oleh orang dewasa atau anak-anak, namun juga dapat dikonsumsi bayi. Ada berbagai jenis suplemen yang dijual di pasaran, salah satunya termasuk suplemen bayi.

Mengapa Perlu Menggunakan Suplemen Bayi?

Suplemen bayi adalah jenis suplemen yang dapat digunakan bayi untuk memberikan nutrisi yang cukup dan membantu perkembangannya. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sangat merekomendasikan penggunaan suplemen pada bayi, karena suplemen tersebut mengandung sumber yang bermanfaat seperti vitamin dan zat besi.

Menurut NHS, bayi akan membutuhkan lebih banyak nutrisi. Oleh karena itu, setiap hari orang tua sebaiknya berikan bayi vitamin A dan vitamin D dalam bentuk suplemen untuk mendukung pertumbuhannya. Meskipun demikian, bayi dapat menggunakan suplemen di antara 6 bulan hingga 5 tahun, dan orang tua juga perlu baca informasi terkait dengan pemakaian suplemen tersebut.

Pencegahan Virus Corona

Suplemen merupakan salah satu bahan yang sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh manusia, khususnya saat ini dunia menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19. Sampai pada tanggal 31 Agustus 2020, jumlah kasus virus Corona telah mencapai lebih dari 25 juta. Hal tersebut juga telah menyebabkan lebih dari 800 ribu orang meninggal dunia, dan lebih dari 17 juta orang dinyatakan sembuh.

Di Indonesia, jumlah kasus virus Corona telah mencapai lebih dari 170 ribu kasus. Hal tersebut telah menyebabkan lebih dari 7.000 orang meninggal dunia, namun lebih dari 125 ribu orang dinyatakan sembuh.

Untuk mengatasi penyebaran virus Corona, setiap negara telah melakukan aturan yang ketat. Salah satunya termasuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Penggunaan suplemen juga dibutuhkan untuk menjaga sistem imun. Jika bayi Anda sudah berada di usia yang tepat, Anda dapat memberikannya suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pilihan Suplemen Bayi

Jika Anda ingin menggunakan suplemen pada bayi, namun Anda merasa bingung untuk memilih suplemen seperti apa, berikut adalah pilihan suplemen yang sebaiknya Anda pertimbangkan:

  • Prolacta

Prolacta adalah suplemen bayi yang mampu membantu perkembangan dan menjaga kondisi kesehatan bayi karena mengandung berbagai sumber yang bermanfaat seperti minyak ikan dan DHA.

Prolacta dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 330.000,00, dan tersedia dalam kemasan box. Penggunaan suplemen ini hanya sekali setiap hari.

  • Prokids Drops

Prokids Drops adalah suplemen bayi lain yang dapat digunakan dimana suplemen tersebut dapat memberikan bayi nutrisi secara optimal dengan meningkatkan nafsu makan. Ada berbagai sumber yang bermanfaat pada suplemen ini seperti vitamin dan DHA.

Prokids Drops dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 55.000,00, dan tersedia dalam kemasan 10 mL. Penggunaan suplemen ini bervariasi. Untuk bayi yang berusia 6 hingga 12 bulan, penggunaannya adalah 0,25 mL per hari. Untuk anak yang berusia 1 hingga 2 tahun, penggunaannya adalah 0,5 mL per hari.

Cara-Cara Lain Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Selain menggunakan suplemen untuk mencegah penularan virus Corona, berikut adalah cara-cara yang perlu diterapkan:

  • Selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah.
  • Hindari kerumunan dan jaga jarak dengan orang lain setidaknya 1,5 meter.
  • Jangan melakukan kontak fisik dengan orang lain.
  • Setelah menyentuh benda-benda yang mudah terkontaminasi, segera cuci tangan selama 20 detik atau menggunakan hand sanitizer.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Rajin berolahraga.

Kesimpulan

Suplemen bayi adalah salah satu bahan yang esensial untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kondisi kesehatan anak. Walaupun akan memberikan manfaat bagi tubuh, penggunaan suplemen sebaiknya sesuai anjuran dokter atau yang tertera pada kemasan suplemen. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat tanyakan persoalan ini ke dokter.