Hidup Sehat

Minuman Collagen Terbaik, Apakah Efektif untuk Kulit Wajah?

Anda mungkin sedang mencari minuman collagen terbaik dengan maksud mengencangkan kulit wajah, tapi apakah benar efektif?

Saat ini ada begitu banyak pilihan minuman collagen dengan janji yang sama: merawat dan mengencangkan kulit kembali. Produk ini populer dan dijual dengan harga tinggi.

Minuman collagen terbaik membantu menjaga kesehatan kulit

Minuman collagen menjanjikan banyak hal, seperti membuat kulit lebih kencang, lebih muda, dan tampak lebih segar.

Nah promosi yang begitu gencar perlahan-lahan membuat konsumsi minuman collagen terbaik naik. Namun, apakah benar minuman collagen dapat membantu mengencangkan kulit wajah?

Apa itu collagen?

Collagen alias kolagen adalah protein yang membuat kulit kencang dan tampak berisi. Kolagen adalah bagian dari susunan zat yang memberi struktur pada kulit. Tugas kolagen adalah merekatkan semua zat supaya kulit tetap kencang.

Ketika struktur kulit mulai kehilangan kolagen, yang terjadi adalah kulit mulai melorot dan berkerut. Wanita mulai kehilangan kolagen setelah melewati usia 21 tahun dan terus kehilangan sekitar 1% kolagen di setiap tahunnya.

Anda dapat kehilangan kolagen lebih cepat jika tinggal di kota dengan polusi tinggi, konsumsi gula terlalu tinggi, atau jika tidak pernah mengenakan sunscreen. Sinar UV, polusi, dan gula sangat buruk bagi kolagen.

Nah karena itu Anda harus mencari cara untuk mengisi kembali produksi kolagen. Salah satunya adalah dengan minuman collagen terbaik, tapi apakah efektif?

Ada banyak jenis collagen

Ternyata konsumsi kolagen tidak sesederhana yang kita harapkan. Ada sekitar 30 jenis kolagen, cukup banyak, dan tidak semuanya berdampak positif bagi kulit.

Jenis kolagen yang penting untuk kekencangan dan kesegaran kulit adalah tipe I, III, V, VI, VII, XII. Nah ketika Anda mencari minuman atau suplemen kolagen, pastikan ada kandungan tipe kolagen tersebut ya.

Umumnya ada tiga bentuk kolagen yang berbeda-beda, yaitu:

  • Hydrolyzed collagen. Kolagen yang sudah terbentuk sepenuhnya dan dibentuk dalam potongan-potongan kecil. Jenis inilah yang paling banyak digunakan dalam produk kosmetik.
  • Soluble collagen. Kolagen yang tidak terbentuk sempurna, karena itu diyakini bisa menembus kulit dengan lebih baik.
  • Native collagen. Kolagen yang sudah terbentuk sepenuhnya. Struktur molekulnya sangat besar dan tidak bisa menembus kulit.

Minuman collagen untuk kulit

Kolagen tidak bisa menembus kulit, tapi bagaimana jika diminum? Sebenarnya, mengonsumsi minuman collagen terbaik tak lantas membantu Anda mengencangkan kulit.

Ketika anda mengonsumsi kolagen, proses pencernaan akan memecah kolagen menjadi asam amino. Tubuh kemudian menggunakan asam amino tersebut untuk apa pun kebutuhan yang lebih penting.

Artinya, tubuh Anda tidak tahu bahwa Anda sengaja mengonsumsi minuman kolagen hanya untuk mengencangkan kulit. Baru setelah kebutuhan lain terpenuhi, asam amino dapat memberi sinyal pada tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen.

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan konsumsi minuman atau suplemen kolagen, sebaiknya pilih jenis hydrolyzed collagen berkualitas tinggi. Jenis ini punya peluang lebih besar untuk melewati proses pencernaan.

Namun, langkah itu juga tidak menjamin bahwa minuman kolagen akan langsung dapat mengencangkan kulit dan membuat kulit tampak lebih segar.

Meningkatkan kolagen dalam kulit

Nah karena minuman collagen terbaik belum tentu dapat mengencangkan kulit, sebaiknya Anda mencoba beberapa sumber kolagen lain yang lebih terpercaya, yaitu:

Retinoid

Jika tujuan Anda adalah merawat kulit, retinoid jelas wajib diperhatikan. Retinoid punya kemampuan mendorong pergantian sel lebih cepat.

Retinoid dapat mengurangi munculnya kerutan pada wajah, memperlambat pemecahan kolagen, dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Retinoid bisa Anda dapatkan di produk skin care topikal, artinya dioleskan langsung ke kulit. Efek anti penuaan retinoid sudah terbukti

Vitamin C

Vitamin C juga dibutuhkan dalam produksi kolagen untuk mendukung perawatan kulit. Vitamin C kaya antioksidan, dapat mencerahkan kulit, dan berperan sebagai agen anti-inflamasi.

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Formula produk di pasaran sangat beragam, coba pilih produk yang mengandung konsentrasi vitamin C maksimal 20 persen, tidak boleh lebih tinggi.

Vitamin C juga diperlukan untuk proses sintesis kolagen, yang memberikan struktur pada kulit manusia. Pilih produk skin care dengan vitamin C yang stabil untuk memaksimalkan penyerapan dalam kulit.

Selain dua senyawa tersebut, ada beberapa perubahan kebiasaan lain yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat pelepasan kolagen, di antaranya:

  • Konsumsi makanan sehat sayur-sayuran
  • Kurangi konsumsi gula
  • Berhenti merokok
  • Gunakan sunscreen setiap hari.

Catatan

Hingga kini belum banyak bukti yang memastikan bahwa minuman collagen terbaik dapat membantu mengembalikan kolagen yang hilang dari kulit Anda.

Jika ragu, Anda bisa mencoba meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dengan cara-cara lain yang sudah terbukti, yakni menggunakan retinol dan vitamin C.