Penyakit

Mengancam Jiwa, Kenali Seluk Beluk Wolff Parkinson White Syndrome

Pernahkah Anda mendengar mengenai Wolff Parkinson White Syndrome? Disebut juga sebagai sindrom WPW, sindrom ini dianggap berbahaya dan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. Apa sih Wolff Parkinson White Syndrome itu? Wolff Parkinson White Syndrome adalah kondisi gangguan bawaan pada sistem konduksi jantung yang menyebabkan jantung berdetak cepat. Sindrom WPW ini termasuk kasus langka dan jarang terjadi. Untuk memahami lebih lanjut mengenai Wolff Parkinson White Syndrome, simak penjelasan berikut ini. 

wpw

Gejala Wolff Parkinson White Syndrome

Beberapa gejala penderita sindrom WPW akan terlihat sejak bayi. Ketika masih bayi, gejala yang mucul berupa rewel, napas menjadi cepat, sulit makan, serta kulit berwarna cenderung abu-abu atau biru. Ketika sudah dewasa, Wolff Parkinson White Syndrome akan menunjukkan gejala yang lebih kompleks. Beberapa gejala yang muncul di antaranya yaitu nyeri dada, jantung berdetak cepat, sesak napas, gelisah, hilang nafsu makan, dada berdebar-debar, pusing, lemas dan lesu, serta pingsan. 

Penyebab Wolff Parkinson White Syndrome

Sindrom WPW muncul sejak kelahiran bayi sehingga kemungkinan besar penyebabnya adalah perkembangan janin yang mengalami kelainan selama di dalam kandungan. Penyebab sindrom WPW secara pasti belum teridentifikasi hingga saat ini. Hanya saja, orang yang mengalami Wolff Parkinson White Syndrome akan mengembangan jalur listrik ekstra yang kemudian mengganggu detak jantung normal. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami sindrom WPW gen PRKAG2 dalam tubuhnya mengalami mutasi. Selain itu, sindrom WPW juga dipercaya berkaitan dengan penyakit jantung bawaan berupa anomali Ebstein. 

Cara menangani Wolff Parkinson White Syndrome

Wolff Parkinson White Syndrome memang dapat berbahaya bahkan menyebabkan kematian. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa cara dapat dilakukan untuk menyembuhkan sindrom WPW. Berikut beberapa cara tersebut. 

  1. Menggunakan obat-obatan 

Dokter akan memberikan obat antiaritmia untuk mengatasi sindrom WPW. Obat ini termasuk adenosine dan amiodarone. Obat-obatan tersebut bertujuan untuk menyembuhkan irama jantung abnormal karena sindrom WPW. 

  1. Kardioversi elektrik 

Kardioversi elektrik akan disarankan untuk dilakukan jika obat-obatan yang diberikan tidak berhasil. Cara ini akan ditempuh jika kondisi tidak kunjung membaik setelah cara-cara lain dicoba. Dokter akan memberikan sengaran listrik ke jantung. Hal tersebut akan menyebabkan ritme jantung menjadi normal kembali. 

  1. Ablasi kateter

Cara lain yang bisa digunakan adalah ablasi kateter. Apakah itu? Ablasi kateter adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menghancurkan jalur listrik esktra pada jantung. Prosesnya dimulai dengan memasukkan kateter kecil melalui pembuluh darah di selangkangan dan diulur hingga ke jantung. Setelah itu, elektroda akan dipanaskan. Energi frekuensi radio nantinya bisa menghancurkan area yang menyebabkan jantung abnormal. Dengan begitu Wolff Parkinson White Syndrome dapat diatasi. 

  1. Operasi

Saat mengalami sindrom WPW, bisa saja disertai dengan kondisi jantung lainnya yang juga membutuhkan penanganan. Untuk hal itu, cara berupa operasi dapat dilakukan. Operasi pembedahan akan membantu mengatasi sindrom WPW. 

  1. Alat pacu jantung 

Berbagai pengobatan telah dilakukan namun ritme jantung masih bermasalah? Untuk mengatasi hal tersebut maka akan digunakan alat pacu jantung buatan. Alat ini akan ditanamkan dalam tubuh untuk mengatur ritme jantung. 

Berobat saja tidaklah cukup. Untuk mengatasi Wolff Parkinson White Syndrome, Anda perlu mengubah gaya hidup yang buruk. Menjaga pola makan dengan serius juga penting agar kondisi jantung semakin kuat dan sehat. Hindari konsumsi alkohol, kafein, dan rokok sebab dapat melemahkan jantung. Selain itu, Anda dilarang mengonsumsi obat yang memicu kerja jantung. Pastikan Anda selalu memberitahukan kondisi Anda pada dokter dengan jelas ketika terjadi kondisi kesehatan lain pada tubuh, sehingga dokter sadar bahwa Anda menderita sindrom WPW. Hal ini berguna untuk menghindari pemberian obat yang memicu kerja jantung lebih cepat.