Hidup Sehat

11 Manfaat Loquat (Buah Biwa) untuk Kesehatan

11 Manfaat Loquat (Buah Biwa) untuk Kesehatan

Loquat (buah biwa) cukup populer di seluruh dunia, karena rasa buahnya yang manis, juicy, dan sangat bergizi. Buah ini kaya vitamin (A, B, dan C), mineral (fosfor dan kalsium), dan senyawa antioksidan. Umumnya, buah loquat dimakan sebagai pencuci mulut atau digunakan untuk membuat jeli dan selai. Karena bernilai gizi tinggi, banyak manfaat loquat yang bisa Anda peroleh saat mengonsumsinya, terutama dari buah dan daunnya.

Ragam manfaat loquat (buah biwa) untuk tubuh

Tidak hanya vitamin dan mineral, loquat mengandung tinggi serat yang disebut pektin. Serat pektin efektif mencegah pengendapan dan membuang racun dari seluruh tubuh. Di sisi lain, buah biwa juga mengandung tinggi antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Inilah ragam manfaat loquat untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Melancarkan peredaran darah

Buah bisa tinggi zat besi, sehingga dapat mencegah tubuh dari anemia dan gejala-gejalanya. Zat besi adalah bagian penting dari hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Alhasil, manfaat loquat dapat meningkatkan sirkulasi, mempercepat penyembuhan, meningkatkan energi, dan memastikan semua sistem organ tubuh bekerja dengan baik.

  1. Mengatasi gangguan ginjal

Buah biwa sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat, batu ginjal, dan gagal ginjal, karena perannya sebagai diuretik alami. Hasilnya dapat meningkatkan produksi urin dan mendorong pembuangan asam urat yang berlebih melalui urin.

  1. Menurunkan risiko kanker

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam buah biwa sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Senyawa antioksidan efektif menetralkan radikal bebas di dalam tubuh, yang merupakan produk sampingan alami dari metabolisme sel. Jika terjadi penumpukan radikal bebas di dalam tubuh, maka dapat menyerang sel-sel Anda yang sehat. Akibatnya, tubuh berisiko terserang penyakit kronis, termasuk kanker. 

  1. Mencegah dan mengelola diabetes

Teh biwa sering direkomendasikan untuk mencegah atau mengelola diabetes. Senyawa organik dalam teh loquat membantu mengatur kadar insulin dan glukosa, sehingga membantu melindungi tubuh dari diabetes. Jika Anda adalah orang yang menderita diabetes, teh biwa juga dapat mencegah lonjakan maupun penurunan gula darah yang ekstrim.

  1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat loquat untuk mengontrol tekanan darah karena kandungan kalium di dalamnya. Kalium bertindak sebagai vasodilator pada sistem kardiovaskular tubuh. Artinya, kalium dapat mengurangi ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung.

  1. Menenangkan sistem pernapasan

Selain mengontrol kadar gula darah, teh biwa juga dapat digunakan sebagai ekspektoran, baik itu diminum maupun dikumur. Ini akan menyebabkan pengeluaran lendir dan dahak saat Anda batuk. Lendir dan dahak adalah media terbaik untuk pertumbuhan bakteri yang dapat mengganggu pernapasan. Jadi, mengeluarkannya dari saluran pernapasan dapat membantu menenangkan pernapasan.

  1. Bantu turunkan berat badan

Jika Anda sedang diet penurunan berat badan, loquat adalah menu camilan buah yang sangat sehat. Loquat adalah buah rendah kalori dan tinggi serat makanan. Ini akan membantu Anda mengontrol nafsu makan dan meningkatkan proses metabolisme. Hasilnya, mendorong penurunan berat badan Anda yang sehat.

  1. Memperkuat tulang

Seiring bertambahnya usia seseorang, permasalahan yang sangat umum terjadi adalah kehilangan kepadatan mineral tulang, terutama wanita menopause. Tenang, Anda tidak perlu khawatir, karena manfaat loquat telah terbukti mencegah kehilangan kepadatan tulang di berbagai bagian tubuh. Hal ini karena loquat kaya akan campuran vitamin, mineral, dan komponen kimia yang dapat bertindak seperti hormon. 

  1. Meningkatkan kerja pencernaan

Buah biwa terdiri dari serat pektin yang sangat dikagumi fungsinya untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat ini dapat membantu meningkatkan volume tinja dan mendorong gerakan peristaltik usus, sehingga membantu melancarkan buang air besar. Ini sangat baik dikonsumsi ketika Anda menderita sembelit, diare, kram, kembung, atau gangguan pencernaan lainnya. 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Loquat adalah sumber vitamin C, yang merupakan komponen untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih, membantu tubuh melawan patogen, dan bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kronis. Selain itu, vitamin C diperlukan tubuh untuk produksi kolagen, yaitu protein yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh setelah sakit atau cedera. 

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Buah biwa segar mengandung vitamin A, yang juga merupakan antioksidan kuat dan mampu meningkatkan kesehatan mata. Sifat antioksidannya ini berhasil menjadikan loquat bermanfaat untuk melindungi retina dari radikal bebas. Hasilnya, dapat meningkatkan penglihatan mata dan mengurangi risiko terserang katarak atau degenerasi makula.

Ragam manfaat loquat untuk kesehatan tubuh ini semakin membuat banyak orang tergiur untuk mengonsumsinya setiap hari. Anda bisa mengonsumsi buah ini dalam keadaan segar, dijadikan salad buah, atau minuman, seperti jus. Yuk, sehatkan tubuh Anda dengan makan loquat!