Obat

Manfaat Kesehatan Brokoli Dalam Vitamin Curcuma Plus

Vitamin Curcuma Plus bermacam-macam, salah satunya berasal dari ekstrak brokoli yang terkandung di dalamnya. Brokoli adalah sayuran yang masuk ke dalam spesies tanaman bernama Brassica oleracea. Brokoli merupakan sayuran yang dekat dengan kubis, Brussels sprouts, kale, dan kembang kol, semuanya merupakan sayuran yang dikenal dengan sebutan sayuran silangan. Brokoli merupakan sebuah sayuran yang kaya kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Tidak mengherankan apabila ekstrak sayuran ini ada dalam produk multivitamin seperti Vitamin Curcuma Plus. 

Brokoli dalam vitamin Curcuma Plus dipenuhi oleh kandungan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif. Brokoli dapat dimakan mentah ataupun setelah dimasak, keduanya sama-sama menyehatkan namun masing-masing akan menyediakan profil nutrisi yang berbeda. 

Metode memasak yang berbeda, misalnya merebus, penggunaan microwave, menggoreng, atau mengukus akan mengubah komposisi nutrisi sayuran, terutama mengurangi kandungan vitamin C, sekaligus protein larut dan gula. Mengukus akan memberikan efek negatif yang paling sedikit. 

Namun, brokoli mentah atau tidak dimasak merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Hanya mengonsumsi 78 gram brokoli dimasak dapat menyediakan sekitar 84 persen asupan harian yang direkomendasikan akan vitamin C, jauh lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk. Adapun beberapa manfaat brokoli dalam vitamin Curcuma Plus di antaranya adalah:

  • Mengandung antioksidan kuat yang memberikan efek pelindung kesehatan

Kandungan antioksidan dalam brokoli adalah manfaat terbaik untuk kesehatan manusia. Antioksidan adalah molekul yang membatasi atau menetralisir kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya peradangan dan efek pelindung kesehatan keseluruhan. Brokoli memiliki level glucoraphanin yang tinggi, sebuah senyawa yang diubah menjadi antioksidan kuat yang bernama sulforaphane pada saat proses pencernaan.

Studi tabung reaksi dan hewan mengindikasikan bahwa sulforaphane dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi gula darah, level kolesterol, stres oksidatif, dan perkembangan penyakit kronis. Akan tetapi, penelitian lebih banyak dibutuhkan untuk memahami peran ini terhadap tubuh manusia. Brokoli juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang mana dapat mencegah stres oksidatif dan kerusakan sel di mata. 

  • Senyawa bioaktif dapat mengurangi peradangan

Brokoli mengandung bermacam-macam senyawa bioaktif yang dapat mengurangi peradangan pada jaringan tubuh Anda. Diteorikan bahwa banyak senyawa bekerja secara sinergis untuk mendukung efek ini. Kaempferol, sebuah flavonoid dalam brokoli, dapat mendemonstrasikan kapasitas anti-peradangan yang kuat baik pada studi hewan ataupun studi tabung reaksi.

Sebuah studi kecil pada manusia yang merokok juga menunjukkan bahwa konsumsi brokoli secara signifikan dapat mengurangi penanda peradangan. Meskipun hasil ini terlihat menjanjikan, penelitian lanjutan dibutuhkan untuk memahami lebih baik tentang bagaimana konsumsi brokoli dapat mempengaruhi peradangan pada manusia. 

  • Melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker

Brokoli mengandung senyawa bioaktif yang dapat mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu. Banyak studi kecil telah menunjukkan bahwa makan sayuran silangan dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus/lambung, kanker ginjal, dan kanker kandung kemih. 

Brokoli adalah sebuah sayuran yang kaya kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam banyak cara, seperti mengurangi peradangan, meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. 

Kini Anda bisa mendapatkan manfaat ekstrak brokoli dalam vitamin Curcuma Plus, sebuah produk suplemen halal yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Anak juga akan terjaga kesehatannya pada masa pertumbuhan dan perkembangan pentingnya.