Olahraga

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Bersepeda bagi Wanita

Bersepeda merupakan salah satu cabang olahraga yang mudah dilakukan oleh semua orang. Selain menyenangkan, terdapat juga banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan, baik secara fisik, maupun mental.

Bagi wanita yang selalu memiliki kesibukan padat, mulai dari mengurus rumah hingga melakukan pekerjaan kantor, bersepeda merupakan olahraga yang cocok. Bersepeda dapat menghilangkan stres serta kejenuhan. Selain itu, terdapat beberapa manfaat bersepeda yang lain, seperti: 

1. Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Sebagai salah satu jenis olahraga kardio, bersepeda dapat menjaga kesehatan jantung. Ini berlaku bagi sepeda biasa ataupun jenis statis yang bisa Anda lakukan di rumah saja. Bersepeda dapat menguatkan otot jantung dan mengoptimalkan sirkulasi darah.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi para wanita yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal, bersepeda merupakan olahraga yang tepat. Bersepeda dalam waktu 1 jam dengan intensitas sedang, mampu membakar lemak hingga 6000 kalori. Bonus lainnya adalah otot perut, paha, kaki, dan tangan yang lebih kencang. Jadi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, bersepeda bisa menjadi solusi.

3. Memperbaiki Postur dan Fungsi Keseimbangan Tubuh

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh dapat menurun. Itulah mengapa seseorang yang berumur akan lebih berisiko mengalami jatuh. Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan rutin bersepeda. Selain itu, bersepeda juga dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. 

4. Manfaat Bersepeda dalam Melatih Otot dan Sendi

Manfaat bersepeda berikutnya adalah melatih kekuatan otot, terutama pada tubuh bagian bawah. Selain itu, bagi penderita nyeri sendi, bersepeda dapat mengurangi rasa nyeri Olahraga ini juga tergolong lebih ringan bagi sendi, karena beban tubuh bertumpu pada otot panggul yang berada pada posisi duduk pada sadel.

5. Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Mental

Pesepeda memiliki risiko yang lebih rendah terhadap stres. Hal ini karena dengan bersepeda dapat mengurangi kadar hormon pemicu rasa tertekan, seperti kortisol dan adrenalin. Sebaliknya, melakukan olahraga sepeda justru dapat meningkatkan hormon pereda stres.

Saat bersepeda, tubuh melepaskan hormon dopamin dan endorfin yang menimbulkan rasa bahagia. Hal ini dapat meredakan kecemasan dan depresi yang dialami seseorang. Dengan demikian kesehatan mental menjadi lebih terjaga. Jadi, apabila merasa tertekan, lakukan olahraga bersepeda dengan intensitas sedang.

6. Mencegah Penyakit Diabetes

Salah satu hal yang menyebabkan penyakit diabetes adalah kurang gerak. Lemak dan gula yang menumpuk menyebabkan seseorang terkena gula. Nah, dengan bersepeda secara teratur, tubuh akan bergerak secara optimal sehingga mencegah diabetes. Selain itu, manfaat bersepeda juga dapat membuat produksi hormon insulin tetap stabil.

7. Mengurangi Risiko Mengidap Parkinson

Penyakit Parkinson merupakan kerusakan pada sistem saraf yang bersifat degeneratif. Kondisi ini mempengaruhi otak yang mengontrol sistem gerak tubuh. Rutin melakukan gerak tubuh dengan intensitas sedang dan tinggi dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit tersebut. Bersepeda dengan kecepatan stabil dapat mengurangi risiko seseorang terkena Parkinson.

Melihat berbagai manfaat bersepeda bagi wanita diatas rasanya tidak salah jika Anda mulai melakukannya dari sekarang. Apabila waktu dan kondisi lingkungan tidak memungkinkan, pilihan sepeda statis dapat menjadi solusi. Namun, jika ingin menghirup udara segar dan melihat pemandangan, bersepeda menggunakan sepeda biasa menjadi pilihan tepat.