Hidup Sehat

Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Puasa

Meski tengah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan bukan berarti seseorang harus meninggalkan aktivitas olahraga setiap harinya. Terdapat waktu yang tepat digunakan untuk olahraga saat puasa, meskipun tidak mengonsumsi makan dan minum tetapi kondisi kebugaran tubuh tetap harus dijaga, salah satu caranya melalui olahraga.

Selain memperhatikan waktu, seseorang yang ingin berolahraga di saat puasa bulan Ramadan juga harus memilih jenis olahraga apa yang tepat untuk dilakukan saat puasa. Biasanya olahraga ringan saat berpuasa dilakukan dalam tempo waktu 30 hingga 60 menit. Selain itu waktu terbaik untuk olahraga juga perlu dipahami.

Olahraga saat Puasa

  • Jelang Buka Puasa

Waktu terbaik olahraga saat berpuasa yang pertama adalah sebelum berbuka puasa, waktu yang sangat tepat untuk bisa membakar banyak lemak sehingga secara efektif menurunkan berat badan. Energi dalam tubuh yang semakin habis setelah berolahraga bisa langsung terganti ketika mulai mengonsumsi makan saat berbuka.

Sehingga tidak perlu khawatir mengalami gula darah rendah atau dehidrasi, hal inilah yang membuat olahraga jelang berbuka puasa menjadi waktu terbaik untuk digunakan berolahraga ketika menjalankan puasa. Meski demikian, olahraga di waktu ini tidak perlu dipaksakan untuk dilakukan terlebih secara berlebihan.

  • Setelah Berbuka

Waktu kedua terbaik saat puasa untuk berolahraga adalah ketika berbuka puasa, di waktu ini seseorang bahkan bisa melakukan olahraga lebih dari satu kali, bisa dua kali atau bahkan hingga tiga kali. Namun, yang perlu diperhatikan adalah menunggu hingga makanan selesai dicerna oleh tubuh setelah berbuka.

Energi yang dihasilkan dari makanan ketika berbuka bisa digunakan untuk berolahraga, seseorang bisa melakukan olahraga apapun setelah berbuka karena tak perlu khawatir tubuh kehabisan energi ketika berolahraga setelah berbuka. Selain itu, intensitas olahraga juga bisa dilakukan semakin lama untuk dilakukan.

  • Setelah Sahur

Setelah sahur menjadi waktu terbaik ketiga untuk bisa berolahraga ketika puasa, tubuh yang menerima energi dari makanan saat makan sahur bisa digunakan untuk melakukan olahraga. Meski demikian, perlu diketahui bahwa lakukan olahraga dalam intensitas yang ringan saja dan jangan sampai membuat tenaga dan energi terlalu terkuras.

Karena sebagian besar energi yang diperoleh dari makan sahur akan digunakan untuk melakukan aktivitas di hari itu ketika berpuasa. Sehingga bukan olahraga yang dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh bukan malah mengganggu kondisi tubuh untuk berpuasa.

Jenis Olahraga saat Puasa

  • Jogging

Jenis olahraga yang satu ini bisa dilakukan jelang berbuka puasa, lakukan di taman atau kompleks perumahan sekali atau dua kali putaran. Jogging sebelum berbuka puasa bisa dilakukan selama 20 hingga 30 menit dan lakukan dengan santai saja.

  • Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi alternatif lain olahraga ringan sambil menunggu waktu berbuka puasa, lakukan dengan santai dan tidak perlu mengutamakan kecepatan tinggi. Karena bersepeda santai yang dilakukan selama 45 menit sudah cukup untuk membakar banyak kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

  • Yoga

Jika ingin berolahraga di dalam ruangan atau karena malas untuk keluar rumah, yoga merupakan pilihan yang tepat. Olahraga jenis ini tidak membutuhkan banyak energi karena hanya fokus dengan gerakan yang tidak menguras banyak tenaga, terlebih saat berpuasa di bulan Ramadan.

  • Jalan Cepat

Lakukan olahraga yang satu ini jelang berbuka puasa selama 30 menit, fungsi utama dari olahraga ini adalah menjaga keseimbangan tubuh ketika berpuasa. Meski disebut jalan cepat, ketika melakukan olahraga ini tubuh tidak banyak memakan energi.