Penyakit

Hore! Pasien yang Sembuh Corona Tidak Akan Tertular Virus Covid-19 Lagi

Mungkin sebagian dari Anda sering bertanya, apakah setelah tubuh kebal setelah sembuh corona atau Covid-19?

Nah, di awal-awal virus corona ini muncul, para peneliti menyebut bahwa seseorang mungkin saja akan terinfeksi untuk kedua kalinya dan dapat menularkan pada orang lain. Hal ini karena antibodi tubuh untuk melawan virus covid-19 dapat menurun dengan cepat setelah sembuh.

Akan tetapi menurut riset terbaru dari pada peneliti mengungkapkan fakta baru. Meskipun antibodi menurun, akan tetapi sistem imun pasien yang sembuh corona ini malah menguat sehingga dapat mencegah infeksi virus corona untuk kali kedua.

Peningkatan imunitas tubuh pasien sembuh corona ini karena adanya sel T dalam sel darah putih.

Mengenal Peran Sel T dalam Tubuh Khususnya Pasien Sembuh Corona

T cell helper atau sel T pembantu merupakan salah satu tipe dari darah putih yang memiliki fungsi sebagai antibodi tubuh manusia.

Orang yang sembuh dari corona, tubuhnya akan menciptakan sel T memori yang dapat mengenali virus corona dan dirancang secara spesifik untuk menghadapi virus ini jika di kemudian hari kembali lagi.

Sel T ini akan bekerja sama dengan sel B yang memiliki peran penting menjaga tubuh dari adanya infeksi khususnya serangan virus corona untuk kedua kali.

Jadi, sel T memori ini akan mengumpulkan semua identifikasi mengenai virus corona yang pernah masuk ke dalam tubuh. Lalu, identifikasi ini akan dikirimkan ke sel B untuk dikembangkan antibodi khusus untuk menyerang secara spesifik virus ini. Kerjasama antara sel T dan sel B di dalam tubuh ini bagai mata-mata dan pabrik “senjata” bagi tubuh.

Orang yang berhasil melewati dan bertahan melawan virus covid-19 ini memiliki respon  sel T yang baik. Sebaliknya, mereka yang tidak bertahan melawan infeksi virus corona, tidak memiliki respon sel T yang cukup baik.

Begitu pula dengan orang yang sembuh corona, pasien akan terhindari dari infeksi kembali untuk jangka panjang berkat peran sel T ini. Bahkan, sel T ini bisa bertahan selama bertahun-tahun dalam tubuh, meskipun antibodi akan menurun setelah tubuh sembuh dari infeksi.

Sedangkan bagi orang yang tidak atau belum tertular virus corona, kemungkinan sudah memiliki sel T memori sehingga mampu mengenali virus covid-19 ini. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan tubuh mereka sebelumnya pernah terinfeksi salah satu dari empat virus corona yang menyebabkan pilek. Virus corona penyebab flu pilek masih satu kelompok dengan virus corona penyebab covid-19 yang menjadi pandemi sekarang ini.

Sehingga, sel T dalam tubuh akan bisa dengan mudah mengidentifikasi serta menyerang virus covid-19 yang masuk ke tubuh lebih baik dibanding pada orang yang belum terpapar sama sekali sebelumnya.

Penting untuk Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

Meski begitu, pasien yang sembuh corona dan orang-orang yang tinggal satu rumah dengan pasien, harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan, menjalani pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi, jaga jarak, menggunakan masker, hingga istirahat yang cukup.

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum berinteraksi normal dengan orang yang baru sembuh dari corona:

  • Pastikan pasien sudah melakukan karantina mandiri setidaknya 14 hari
  • Jika satu rumah, pisahkan peralatan makan selama masa karantina
  • Gunakan masker selama berapa di ruangan atau dalam atap yang sama dengan pasien yang sembuh corona
  • Terapkan gaya hidup sehat seperti yang disebutkan di atas
  • Pastikan Anda juga dalam kondisi sehat dan bebas dari penyakit yang dapat ditularkan ke pasien sembuh corona
  • Ikuti protokol kesehatan selama masa pandemi ini