Uncategorized

FOS dan GOS Dalam Nutribaby Royal 2

Bagi Anda yang mendampingi ASI dengan formula bayi seperti Nutribaby Royal 2, mungkin Anda akan sering mendengar istilah prebiotic FOS dan GOS. Namun, apa sebenarnya kedua hal tersebut diperlukan bayi mengonsumsinya? Mendapatkan keseimbangan prebiotic dan probiotik akan berdampak pada kesehatan bayi yang optimal. Selain ASI atau air susu ibu, perkembangan bayi dan kesehatannya akan dipengaruhi oleh microbiota. ASI juga akan berkontribusi mengurangi kejadian berbagai macam gangguan infeksi dan alergi. ASI juga merupakan faktor penting dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun anak. Oleh karena alasan inilah mengapa ASI eksklusif sangat disarankan pada masa-masa perkembangan anak. Dan formula seperti Nutribaby Royal 2 hanya perlu digunakan sebagai pendamping saja. 

ASI mengandung karbohidrat dalam bentuk oligosakarida dan laktosa. Selain itu, ASI juga mengandung asam lemak, sitokin, nukleotid, mikroba, laktoferin, dan lain-lain. Ada dua jenis oligosakarida, yaitu fructo-oligosaccharide atau biasa disingkat FOS dan galacto-oligosaccharide atau biasa disingkat GOS. Selain dapat ditemukan di ASI, FOS dan GOS juga dapat ditemukan di produk formula bayi seperti Nutribaby Royal 2. Ini adalah prebiotic alami, yang mana merupakan zat yang sulit atau bahkan tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Oligosakarida tersebut memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan beragam jenis mikroorganisme baik dan menyehatkan yang sangat bermanfaat serta dibutuhkan oleh saluran pencernaan Anda. Ada lebih dari seribu molekul karbohidrat yang ada dalam oligosakarida, yang semuanya akan mendukung pertumbuhan bifidobacteria, bakteri khusus yang baik untuk sistem pencernaan Anda. 

Bifidobacteria akan menggunakan oligosakarida yang ada di dalam ASI sebagai bahan bakar atau sumber energi. Fermentasi oligosakarida akan menghasilkan produk akhir yang disebut asam lemak rantai pendek, yang mana akan sangat berguna bagi tubuh Anda. Oleh karena alasan inilah prebiotic yang ada di dalam formula seperti Nutribaby Royal 2 bermanfaat sangat besar untuk kesehatan anak. Prebiotik akan membantu membentuk microbiota di dalam saluran pencernaan, membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat sekaligus meningkatkan perkembangan kekebalan tubuh dan juga sistem metabolisme tubuh anak. Prebiotik biasanya adalah karbohidrat. Apabila dikonsumsi, prebiotic akan merangsang bakteri probiotik yang ada di dalam tubuh Anda. FOS atau fructo-oligosaccharide dan juga inulin merupakan peribotik yang paling banyak dan sering digunakan. FOS dan inulin dapat menunjang pertumbuhan bifidobacterial, yang akan memberikan dampak positif bagi kesehatan pencernaan Anda dan buah hati. 

Di sisi lain, GOS atau galacto-oligosaccharide terdiri dari laktosa, glukosa, dan juga oligo-galactose, yang mana semuanya adalah kelompok karbohidrat. Anda bisa mendapatkan GOS dari berbagai macam sayuran. Sementara FOS bisa Anda dapatkan dari asparagus, bawang, buah pisang, dan lain-lain. 

GOS dan juga FOS yang ada di dalam formula bayi seperti Nutribaby Royal 2 akan bekerja dengan cara merangsang aktivitas serta pertumbuhan bakteri seperti lactobacilli dan bifidobacterial. Prebiotik juga dapat menurunkan risiko konstipasi, di saat yang bersamaan meningkatkan frekuensi BAB atau buang air besar. Selain itu, prebiotic juga sangat bermanfaat dalam menurunkan kolesterol yang tinggi, dan juga risiko terjadinya alergi ataupun infeksi tertentu yang berbahaya bagi tubuh. Banyak penelitian yang mendukung kemampuan GOS dan FOS dalam mengurangi gangguan susah buang air besar. Bagi mereka yang menderita konstipasi, GOS dapat membantu melunakkan kotoran, membuatnya lebih mudah dikeluarkan dari dalam tubuh serta adanya peningkatan buang air besar yang lebih rutin dan mudah.