parenting

Fakta Anak Kedua yang Orang Tua Harus Ketahui

Sebagai orang tua yang memiliki anak lebih dari satu, Anda harus mengetahui fakta anak pertama serta fakta anak kedua demi memberikan pola asuh yang tepat. Anak kedua biasanya memiliki sifat yang bertolak belakang dengan anak pertama. 

Apa Saja Fakta Anak Kedua?

Anak kedua sekaligus anak tengah terkadang juga sering merasa terabaikan. Itu karena anak pertama lebih sering diberikan tanggung jawab sedangkan anak terakhir sering diberi perhatian lebih. Berikut fakta anak kedua sekaligus anak tengah yang harus Anda ketahui.

1. Selalu Ingin Menang

Anak pertama selalu ingin mempelajari segalanya, sedangkan anak kedua selalu ingin menang dan mengalahkan kakaknya. Anak kedua cenderung mengembangkan kemampuan yang tidak ditunjukkan oleh anak pertama untuk mendapatkan perhatian kedua orang tuanya.

2. Lebih Bersahabat

Anak kedua yang berada di tengah anak pertama dan kedua tidak mendapatkan banyak perhatian dari kedua orang tua mereka. Karena itu, anak kedua sering mencari perhatian dari teman-temannya dan berusaha membangun pertemanan yang baik.

Mereka dapat bersosialisasi dengan baik dan dapat lebih bergantung dengan sahabat mereka dibandingkan saudara kandungnya sendiri.

3. Dapat Menjadi Mediator

Berada diantara dua saudara, membuat anak kedua dapat mengelola konflik dengan saudara kandungnya. Mereka dapat dekat dengan kakak dan juga bisa dekat dengan adiknya, hal itu membantunya menjadi penengah jika kedua saudaranya bertengkar sekaligus memberikan keseimbangan antara anak tertua dan anak terkecil.

4. Memiliki Pernikahan yang Bahagia

Fakta anak kedua selanjutnya adalah, mereka memiliki pernikahan yang lebih bahagia. Mereka juga memiliki kemungkinan untuk selingkuh lebih kecil jika dibandingkan dengan saudara kayak dan adiknya.

5. Memiliki Gusi Lebih Sehat

Anak kedua memiliki risiko penyakit gusi 5 persen lebih rendah. Sistem kekebalan tubuh mereka juga lebih kuat  jika dibandingkan dengan kakaknya. Tubuh mereka menjadi lebih siap untuk memerangi bakteri mulut penyebab infeksi

Tips Mencegah Sindrom Anak Tengah untuk Anak Kedua

Anak kedua yang berada di antara anak pertama dan anak terakhir sering merasa terabaikan oleh kedua orang tuanya. Hal itu membentuk beberapa kepribadian mereka menjadi kurang baik seperti lebih suka memberontak misalnya. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus tau bagaimana cara mencegah sindrom anak tengah dalam keluarga.

1. Perlakukan Semua dengan Sama

Untuk mencegah anak kedua terkena sindrom anak tengah, Anda tidak boleh membeda-bedakan perhatian dan perlakuan terhadap anak-anak Anda. Berikan mereka perhatian yang sama dan terpenting, jangan pernah membeda-bedakan anak. Meskipun anak pertama dan terakhir lebih pintar dari anak kedua.

2. Beri pilihan

Karena anak tengah sering merasa diabaikan, penting untuk mendengarkan apa yang mereka katakan untuk mencegahnya menjadi pemberontak. Dorong anak Anda untuk membuat pilihan seperti pakaian apa yang akan mereka kenakan atau film apa yang harus ditonton bersama. Hal tersebut akan membantunya untuk mengambil keputusan serta menjadi anak yang lebih percaya diri.

3. Beri Tanggung Jawab

Anak kedua bukanlah anak bungsu dan juga bukalah anak tertua. Jika anak pertama Anda berikan tugas seperti menyapu atau merapikan pakaian, maka berikan tugas yang sama kepada anak kedua. Atau Anda juga bisa memberikan tugas seperti meminta mengambilkan tisu basah untuk adiknya yang masih bayi atau mengelap air liur adiknya. Hal itu akan membuat anak kedua merasa jika dirinya memiliki peran untuk membantu keluarganya di rumah.

Itulah beberapa fakta anak kedua yang harus orang tua ketahui.