Hidup Sehat

Cara Mengusir Lalat Buah Agar Tidak Menularkan Penyakit di Rumah Anda

Saat di rumah Anda ada buah yang sudah terlalu matang, pasti di situ ditemukan lalat buah. Selain mengganggu dengan kehadirannya juga dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu penting untuk Anda ketahui bagaimana cara mengusir lalat buah ini agar tidak muncul di rumah Anda. 

Selain mengerumuni buah yang sudah terlalu matang seperti pisang, apel, bawang, melon, tomat, dan buah lainnya, lalat buah juga bisa muncul di tempat sampah, saluran pembuangan, botol atau kaleng kosong, dan di dapur rumah.

Cara Mengusir Lalat Buah Agar Tidak Menularkan Penyakit di Rumah Anda

Lalat buah juga mengganggu sanitasi lingkungan rumah Anda karena hewan yang satu ini juga hinggap di peralatan masak. Lalu, apa bahaya lalat buah ini bagi kesehatan?

Bahaya Lalat Buah Bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa di tempat yang busuk atau lembap, seekor lalat betina bisa menghasilkan 2000 telur. Lalat buah begitu cepat berkembang biak. Telur-telur tersebut bisa menetas dan memakan makanan busuk dalam waktu 30 jam saja. Belatung bahkan dalam dua hari saja sudah bisa menjadi lalat dewasa dan akan kawin.

Hanya saja, kecepatan lalat buah berkembang biak tak sebanding dengan lama usia hidupnya. Sebab, lalat buah hanya bisa bertahan selama 8-15 hari. Hal ini bukan berarti membuat Anda bisa menyepelekan lalat buah ya. Sebab, bagaimanapun, hewan yang satu ini bisa menularkan penyakit. Sehingga Anda harus tahu cara mengusir lalat buah dari rumah dan lingkungan Anda. 

Ketika lalat-lalat terbang, hinggap, merangkak, hingga mereka makan, lalat dapat menyebarkan bakteri penyebab penyakit seperti E.coli, dan juga Salmonella.

Lalat buah bisa membahayakan kesehatan. Ada beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat buah ini, seperti diare, kolera, disentri, tifus, poliomielitis, trakoma, difteri kulit, kusta, hingga mikosis. 

Cara Mengusir Lalat Buah dari Rumah Anda

Ada beberapa tips ampuh sebagai cara mengusir lalat buah dari rumah Anda. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Cari Sumber Asal Lalat Buah dan Bersihkan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengusir lalat buah adalah dengan 

mencari di mana mereka berkumpul. Jika lalat buah berkumpul di makanan atau buah yang sudah matang, segera bersihkan area tersebut. Buang makanan yang sudah dihinggapi lalat buah lalu bersihkan area tersebut dengan cairan pembersih.

Periksa juga wastafel atau saluran pembuangan di rumah. Sebab, lalat buah sangat senang jika berkembang biak di area yang lembap dan hangat seperti di saluran pembuangan. Jangan sampai saluran pembuangan di rumah Anda menjadi tempat  tumbuh kembang lalat buah.

Tempat sampah juga perlu dibersihkan sebab juga menjadi tempat yang disukai lalat buah. Buanglah sampah ke tempat pembuangan jika ingin rumah tersebebas dari lalat buah.

  1. Jebak dengan Buah Busuk

Jika langkah pertama sudah dilakukan, namun masih ada lalat buah yang berkeliaran di rumah Anda, gunakan buah busuk sebagai jebakan. Letakkan buah busuk di wadah sekali pakai dan biarkan lalat hinggap di sana. Lalu, tutup wadah dan buang jauh dari rumah atau tempat pembuangan sampah.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Jebakan lain yang bisa dilakukan adalah dengan cuka apel. Cara mengusir lalat buah dengan jebakan larutan cuka ini mudah dibuat. Berikut caranya:

  • Isi wadah dengan air
  • Tambahkan beberapa sendok cuka apel dan gula dalam wadah berisi air, aduk hingga tercampur
  • Masukkan beberapa tetes sabun pencuci piring dan aduk kembali
  • Letakkan wadah jebakan ini di tempat lalat banyak berkumpul. Ketika lalat buah menyentuh air, hewan ini akan tertarik dan tenggelam.
  1. Menggunakan Perangkat Lalat yang Dijual

Ada juga perangkap lalat yang dijual di toko yang bisa Anda gunakan untuk mengusir lalat buah ini. Caranya mudah, cukup letakkan perangkap di tempat lalat banyak berkumpul dan buanglah perangkap ketika sudah penuh oleh lalat buah yang terjebak.

  1. Gunakan Semprotan Serangga

Cara mengusir lalat buah selanjutnya juga bisa dengan menggunakan semprotan serangga. Tapi, menggunakan semprotan ini perlu berhati-hati. Sebab mengandung bahan kimia beracun dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Beberapa tips cara mengusir lalat buah di atas bisa Anda coba. Utamakanlah untuk menggunakan cara yang aman agar tidak membahayakan orang-orang di dalam rumah Anda. Namun, bagaimanapun lalat buah ini harus dibasmi agar tidak menularkan penyakit.