Kesehatan Gigi

Cara Efektif Mencegah Gigi Sensitif

Permasalahan pada gigi, seperti gigi berlubang memang sering kali dianggap tidak ada solusi lainnya, selain menambal atau mencabut gigi bermasalah tersebut. Sebenarnya, permasalah-permasalah pada gigi dapat dicegah sebelum akhirnya menjadi benalu dan mengganggu aktivitas kita. Sebagai contoh, pencegahan gigi sensitif, yang mana kondisi ini sering kali dialami oleh banyak orang.

Masalah gigi sensitif bisa saja timbul karena cara menggosok gigi yang salah atau kebiasaan buruk tertentu, seperti memakan es batu. Contoh lain mengapa seseorang mengalami gigi sensitif adalah karena ia menggosok gigi atau menggunakan sikat gigi terlalu keras, bisa juga karena kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur yang tidak disadari.

Pencegahan gigi sensitif

Pada kenyataannya, gigi sensitif yang terjadi karena kebiasaan atau gaya hidup dapat dicegah, lho. Anda bisa mengubah gaya hidup agar gigi kembali sehat dan tidak lagi mengalami ngilu karena sensitif terhadap suatu rangsang.

Beberapa cara untuk mencegah gigi sensitif adalah:

  • Memilih sikat gigi yang memiliki bulu halus
  • Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan
  • Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif sehingga bisa mengurangi rasa ngilu
  • Memeriksakan diri secara berkala ke dokter gigi
  • Mengurangi konsumsi makanan atau minuman terlalu panas atau dingin

Jika sudah melakukan beberapa cara pencegahan gigi sensitif di atas, seharusnya gigi Anda akan mereda dan kembali ke kondisi normal. Namun, jika Anda masih merasa ngilu, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter gigi agar mendapatkan diagnosis yang tepat terhadap permasalahan gigi Anda.

Bahan alami pereda gigi sensitif

Berikut beberapa bahan alami yang dapat meredakan gigi sensitif:

  • Kumur air garam

Kumur dengan menggunakan air garam dianggap menjadi salah satu cara paling efektif untuk berbagai keluhan pada mulut. Hal ini didukung oleh fakta bahwa kandungan nutrisi dalam air garam dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab gigi sensitif terasa ngilu.

  • Minyak cengkeh

Siapa sangka bahwa kandungan nutrisi dalam cengkeh ternyata baik bagi kesehatan gigi? Minyak cengkeh ini dapat digunakan untuk mengatasi rasa ngilu pada gigi sensitif. Caranya cukup dengan membasahi kapas dengan minyak cengkeh kemudian mengusapkan perlahan ke area gigi yang sensitif.

  • Bawang putih

Kandungan nutrisi bawang putih juga bermanfaat mengatasi gigi sensitif. Anda bisa mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada bagian gigi yang bermasalah.

Namun, apabila Anda merasa ragu dengan cara-cara pencegahan alami untuk mengatasi gigi sensitif seperti yang telah dijabarkan di atas, maka konsultasikan kepada dokter gigi tentang kondisi kesehatan gigi Anda. Semoga lekas sembuh!