Hidup Sehat

Beragam Jenis Teknik Komunikasi Terapeutik

Beragam Jenis Teknik Komunikasi Terapeutik

Teknik komunikasi terapeutik merupakan sekumpulan teknik yang memprioritaskan kesejahteraan dan kesehatan fisik, mental, dan emosional pasien. Para perawat dan tenaga medis profesional lain menyediakan dukungan dan informasi kepada pasien, namun tetap menjaga level jarak dan objektivitas yang profesional. Dengan menggunakan teknik komunikasi terapeutik, para perawat sering menggunakan pernyataan dan pertanyaan yang terbuka, mengulang informasi yang dibutuhkan oleh pasien, dan diam untuk mendukung pasien agar mengatasi masalah mereka sendiri. 

Jenis-jenis komunikasi terapeutik

Ada banyak teknik komunikasi terapeutik yang para perawat bisa praktikkan kepada pasien mereka, di antaranya adalah:

  • Menggunakan teknik diam

Terkadang, diam adalah emas. Teknik komunikasi terapeutik jenis ini dapat memberikan kesempatan bagi perawat dan pasien untuk berpikir dan memproses apa yang perlu diutarakan selanjutnya dalam sebuah percakapan. Teknik ini dapat memberikan ruang dan waktu bagi pasien untuk membuka topik yang baru. Perawat harus selalu membiarkan pasien membuka percakapan. 

  • Menerima

Terkadang sangat penting untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh pasien dan menegaskan bahwa apa yang mereka katakan telah didengar. Penerimaan tidak harus sama dengan persetujuan. Cukup hanya membuat kontak mata dan berkata “ya, saya mengerti”. Pasien yang merasa perawat mereka mendengar dan menganggap serius apa yang mereka katakan akan lebih reseptif dalam mendapatkan perawatan. 

  • Memberikan penghargaan

Di sini, perawat menghargai dan mengakui perilaku pasien serta menyorotinya tanpa memberikan pujian yang berlebihan. Terkadang, pujian dapat dianggap sebagai sesuatu yang merendahkan. Namun, menyatakan sesuatu seperti “saya perhatikan Anda sudah minum semua obatnya” akan menyoroti tindakan pasien dan mendukungnya untuk terus melakukan hal serupa tanpa memberikan pujian berlebih. 

  • Tawarkan diri

Rawat inap dapat membuat seseorang merasa kesepian. Ini adalah masa yang penuh stres dan dapat membuat seseorang depresi. Ketika perawat menawarkan waktu mereka, hal tersebut menunjukkan bahwa mereka menghargai pasien dan bahwa ada seseorang yang akan memberikan waktu, tenaga, dan perhatian mereka untuknya. Tawarkan diri menemani pasien saat waktu makan siang, menonton TV, atau hanya duduk bersama pasien selama beberapa menit dapat membantu meningkatkan suasana hati mereka. 

  • Mendengar dengan aktif

Dengan menggunakan petunjuk verbal dan nonverbal seperti mengangguk dan mengatakan “oh ya?”, perawat dapat mendukung pasien untuk terus berbicara. Mendengar dengan aktif melibatkan menunjukkan ketertarikan terhadap apa yang dibicarakan oleh pasien, menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan memahami, serta ikut serta dalam percakapan dengan pasien. Perawat dapat bertanya “terus apa yang terjadi selanjutnya?” untuk memandu percakapan terus berjalan. 

  • Cari klarifikasi

Mirip seperti mendengar dengan aktif, bertanya pada pasien untuk mendapatkan klarifikasi saat mereka mengatakan sesuatu yang membingungkan atau ambigu sangat penting. Mengatakan sesuatu seperti “saya tidak terlalu paham apa yang Anda katakan. Bisakah dijelaskan lebih jauh lagi?” membantu perawat memastikan diri mereka memahami apa yang sesungguhnya dikatakan oleh pasien sehingga perawat dapat membantu pasien untuk memproses ide-ide mereka dengan lebih saksama. 

  • Membuat pengamatan

Pengamatan tentang penampilan dan perilaku pasien dapat membantu menarik perhatian ke area yang mungkin dapat menimbulkan masalah untuk mereka. Mengamati bahwa pasien terlihat lelah dan mengajak pasien untuk menjelaskan mengapa ia tidak mendapatkan cukup tidur, dan dapat membantu menemukan gejala-gejala baru. 

Dengan teknik komunikasi terapeutik di atas, para perawat dapat membantu menyediakan kualitas layanan kesehatan yang optimal bagi pasien. Tidak hanya bermanfaat untuk pasien saja, dengan menguasai teknik komunikasi terapeutik, perawat dapat berkomunikasi dengan penyedia layanan kesehatan dan staf lain.