Hidup Sehat, Kulit & Kecantikan, Penyakit

Begini Cara Mengatasi Korengan di Kepala

Korengan di kepala bisa disebabkan karena berbagai hal, seperti ketombe, dermatitis, hingga infeksi oleh bakteri, jamur, dan virus. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi korengan di kepala, mulai dari menggunakan bahan alami sampai obat-obatan, yaitu:

1. Kompres Hangat

Jika gatal akibat korengan di kepala tak tertahankan dan sangat mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan mengompres dengan handuk hangat. Menggaruk korengan di kepala bisa membuat kondisinya semakin parah. Menggunakan kompres hangat bisa membantu meredakan gatal, melembutkan kulit kepala dan membuat koreng mudah lepas. Anda cukup membalutkan handuk hangat pada rambut dan kepala selama 10-15 menit. Setelahnya, sisir secara perlahan untuk membuang kulit koreng yang sudah terlepas. Anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak satu kali sehari hingga korengan di kepala bersih.

2. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya bermanfaat untuk meredakan penyebab korengan di kepala, misalnya karena psoriasis. Gel ini juga bisa meredakan rasa sakit dan gatal, menenangkan kulit kepala, serta mencegah infeksi. Anda bisa mendapatkan gel lidah buaya langsung dari tanamannya atau dalam bentuk kemasan yang banyak tersedia di toko. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan gel atau lendir lidah buaya pada bagian dengan korengan di kepala. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan shampoo hingga bersih. Anda juga bisa mencampur gel lidah buaya dengan kapsul yang mengandung vitamin E.

3. Tea Tree Oil

Minyak tea tree memiliki senyawa untuk mengatasi korengan di kepala akibat ketombe dan psoriasis. Namun, untuk beberapa orang minyak tea tree bisa memicu reaksi alergi. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya di kulit kepala, Anda bisa mencobanya sedikit terlebih dahulu di bagian kulit lain, misalnya tangan. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul seperti gatal atau ruam kemerahan, maka bisa digunakan dengan cara dioleskan di kulit kepala. Kandungan tea tree ini juga bisa ditemukan di beberapa produk perawatan rambut seperti shampoo.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang bisa membantu mengatasi korengan di kepala. Selain itu, minyak kelapa juga bisa melembabkan dan meredakan gejala penyebab korengan di kepala seperti psoriasis. Oleskan minyak kelapa ke area koreng dengan tangan, tutup dengan handuk yang sudah direndam air panas, dan diamkan selama 30-45 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk menghilangkan korengan di kepala dengan optimal.

5. Cuka Apel

Cuka apel mengandung antiinflamasi yang bisa membunuh jamur dan bakteri penyebab korengan di kepala. Selain bersifat antijamur dan antibakteri, cuka apel juga bisa menyeimbangkan pH di kulit kepala untuk membantu mengurangi rasa gatal dan kulit kepala kering. Anda bisa menggunakan 2 sdm cuka apel yang dicampur dengan 1 gelas air hangat. Tuangkan campuran ke area korengan di kepala dan pijat selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

6. Shampoo Khusus

Korengan di kepala yang disebabkan oleh psoriasis, Anda bisa menggunakan shampoo medikasi dengan kandungan asam salisilat dan tar. Sedangkan untuk korengan di kepala akibat eksim atau dermatitis dan infeksi jamur, Anda bisa memilih shampoo medikasi dengan kandungan zinc pyrithione dan selenium sulfida. Korengan di kepala juga bisa disebabkan oleh ketombe yang menimbulkan rasa gatal yang sangat. Sehingga, tanpa sadar membuat Anda menggaruk terlalu keras dan menimbulkan luka. Shampoo khusus antiketombe dengan kandungan zinc dan ketoconazole.

7. Obat-obatan

Korengan di kepala yang disebabkan infeksi bakteri seperti impetigo dan folikulitis bisa diobati dengan menggunakan antibiotik. Dokter akan meresepkan obat dalam bentuk krim atau gel yang dioleskan ke kulit kepala atau tablet minum. Sedangkan untuk mengatasi korengan di kepala akibat infeksi jamur, dokter akan meresepkan obat antijamur griseofulvin atau terbinafine yang perlu dikonsumsi selama satu hingga tiga bulan. Begitu juga dengan penyebab korengan di kepala akibat infeksi virus seperti cacar api, dokter akan meresepkan obat antivirus, pereda nyeri, dan salep.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya kembali korengan di kepala, yaitu:

  • Mandi dan keramas secara teratur. Bersihkan sisa busa shampoo dengan baik agar tidak menyebabkan ketombe
  • Jangan menggaruk terlalu keras pada bagian yang gatal dan bersisik
  • Hindari menggunakan sisir dengan ujung jari-jari yang lancip atau tajam
  • Hindari produk rambut seperti minyak rambut, pomade, dan wax yang mengandung alkohol sehingga memicu iritasi dan alergi pada kulit kepala
  • Bersihkan secara rutin baik topi atau helm yang sering digunakan
  • Jangan menggunakan obat korengan di kepala selain yang diresepkan dokter