Uncategorized

Begini Cara Membuat SIKM DKI Jakarta

Cara mengisi CLM dapat dilakukan di web Pemprov dan aplikasi JAKI

Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia membuat beberapa daerah harus mengeluarkan Surat Ijin Keluar/Masuk atau SIKM, salah satunya DKI Jakarta. Sebelum melanjutkan perjalanan ke Jabodetabek usai mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, seseorang terlebih dahulu harus memiliki SIKM DKI Jakarta.

Surat ini menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang atau penumpang, surat ini ditunjukkan pada posko pemeriksaan atau check point. Pos pemeriksaan ini sebelumnya sudah disediakan terlebih dahulu oleh pihak PT Angkasa Pura (AP II) di bandara tersebut. Bagi yang belum mengetahui proses pembuatannya, terdapat cara mudah yang bisa dipakai.

Cara Buat SIKM DKI Jakarta

Sebagai upaya pencegahan penularan virus corona atau Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan Masuk Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, ketahui beberapa langkah berikut dalam membuat SIKM.

  • Masuk ke laman atau situs corona.jakarta.go.id, bisa menggunakan smartphone dan memakai laptop atau komputer.
  • Kemudian pilih ‘Izin Keluar-Masuk Jakarta’ pada bagian paling atas situs, tepatnya di dekat logo bendera Indonesia dan Inggris.
  • Jika mengakses dengan smartphone, tab pada tiga garis yang berada di sudut kanan atas lalu pilih menu ‘Izin Keluar-Masuk Jakarta’.
  • Setelah itu klik ‘Urus SKIM’, tombol ini bisa diketahui dan dikenali dengan warnanya, yakni berwarna kuning.
  • Kemudian pembuat SIKM akan diarahkan ke laman JakEvo, sebelum lebih lanjut dalam membuat surat ini baca dan pahami terlebih dahulu informasi yang tertera, sebelum memilih ‘Saya Setuju’.
  • Setelah itu, isi seluruh data yang diperlukan, apabila kolom data tidak muncul, muat ulang atau refresh halaman kolom data.
  • Lakukan hingga data muncul dan kotak notifikasi berwarna merah hilang, jika data sudah lengkap maka pilih ‘Submit Formulir’, kolom ini berada di paling bawah situs.

Situs pengurusan SIKM sebelumnya telah menyediakan formulir yang bisa diisi pembuat secara offline, namun hal itu saat ini tidak perlu digunakan. Para pembuat bisa langsung mengisi seluruh formulir dari data yang ada secara lengkap pada situs tersebut. Selain itu, penting untuk memastikan jaringan internet yang digunakan kuat.

Kolom data pengurusan SIKM DKI Jakarta memiliki menu drop down, fungsinya adalah untuk mempermudah calon pengurus mengisi formulir. Pada menu ‘Persyaratan Izin’, menu ini menyediakan kotak untuk mengunggah surat-surat yang diperlukan bagi pembuat dalam mengurus surat, berikut ini beberapa syarat yang dimaksud.

  • Scan KTP/KITAP/KITAS Pemohon (untuk Pribadi) bisa dalam bentuk jpg, jpeg, png atau juga pdf.
  • Foto berwarna pemohon (Untuk Pribadi) atau Foto Berwarna Direktur/Penanggung Jawab (Untuk Korporasi/Institusi) dalam bentuk png, ini menjadi syarat wajib.
  • Surat Pernyataan Bertanggung Jawab Atas Kesehatan Tanggungan (Untuk Korporasi/Institusi) dalam bentuk jph, jpeg, png atau png.
  • Hasil Test PCR, Jika Berasal dari Zona Merah dalam bentuk jpg, jpeg, png atau pdf.

SIKM selanjutnya diterbitkan satu hari setelah surat diurus, surat kemudian akan dikirim secara daring. Untuk pembuat diharap tidak lupa untuk mencetaknya sebelum melakukan penerbangan ke Jakarta. Perlu diketahui bahwa SIKM DKI Jakarta memungkinkan masyarakat maupun orang-orang yang berasal dari luar Jakarta bisa masuk, meskipun tetap untuk beberapa kategori, seperti.

  • Pekerja harian atau pengusaha, orang asing yang lokasi kerjanya di Jakarta namun tinggal di luar Jabodetabek disebut juga SIKM perjalanan berulang.
  • Pekerja atau pengusaha yang tinggal di luar Jabodetabek dan harus perjalanan dinas ke Jakarta atau SIKM perjalanan sekali.
  • Warga yang membutuhkan mendesak atau SKIM perjalanan sekali yang mencakup pasien gawat darurat kesehatan.