Obat

Apakah Benar Amlodipine Dapat Menyebabkan Kanker?

Obat amlodipine merupakan salah satu obat antihipertensi yang cukup populer dan banyak diresepkan untuk pasien yang mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi). Selama penggunaannya itu pula, tidak pernah ditemukan ada masalah serius yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat ini. Selain itu pula, efek sampingnya pun dianggap relatif sedikit.

Adanya kabar tentang penarikan obat antihipertensi atau obat tekanan darah tinggi, amlodipine di Amerika Serikat dan Eropa karena meningkatkan peluang timbulnya kanker dalam tubuh. Hal tersebut cukup menghebohkan masyarakat di Indonesia. Akibat kejadian ini, BPOM RIĀ  pun mengeluarkan pers rilis untuk menjelaskan kejadian yang sebenarnya. Hal apa saja yang dapat kita ambil dan perlu diperhatikan dari kasus ini? Nah, artikel berikut ini akan merangkum semua informasi penting tentang

Amlodipine Menyebabkan Kanker?

Penarikan obat antihipertensi, ini bukanlah karena amlodipine, namun karena obat golongan angiotensin receptor blocker (ARB) yaitu valsartan yang terdapat dalam kombinasi obat tersebut. Selain valsartan ada 2 lagi obat golongan ARB yang ditarik dari peredaran, baik dalam bentuk obat tunggal atau kombinasi dengan obat lain, yaitu losartan dan irbesartan.

Hal yang menjadi kesamaan dari ketiga obat ini atau kombinasinya ditarik dari peredaran karena ditemukan zat pengotor seperti (NDMA), (NDEA), dan (NMBA). Zat-zat tersebut dipercaya dapat memicu sel kanker pada tubuh. Belum diketahui pasti apakah kontaminasi obat oleh zat-zat di atas adalah akibat proses pembuatannya di pabrik farmasi atau dari sumber lain.

Dengan adanya kasus ini, Badan FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat menganjurkan untuk penderita hipertensi agar:

  • Tetap mengkonsumsi obat yang sekarang dikonsumsi sampai dokter Anda menganjurkan alternatif lain.
  • Jangan panik dan merasa takut untuk mengonsumsi semua obat golongan ARB karena tidak semua obat golongan ARB termasuk valsartan, irbesartan dan losartan yang mengandung zat pengotor tersebut.
  • Jika kamu sedang mengkonsumsi obat yang mengandung ketiga obat tersebut, cobalah untuk membandingkan informasi pada kemasan obat dengan informasi yang tertera dalam daftar obat yang telah ditarik dari peredaran.
  • Jika obat yang dikonsumsi termasuk dalam daftar obat yang ditarik dari peredaran segera laporkan kepada dokter atau farmasi agar menggantinya dengan alternatif lain.

Selain itu, BPOM RI juga mengimbau pasien yang telah mengkonsumsi obat dengan kandungan bahan tersebut agar segera berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan.

Jadi untuk pertanyaan apakah amlodipine menyebabkan kanker? Jawabannya adalah tentu tidak, ya. Apabila ada anggota keluargamu yang diberikan resep amlodipine, tidak perlu khawatir berlebihan dan tetap berpegang pada anjuran resep dokter, ya.