Hidup Sehat

8 Manfaat Teh Herbal untuk Tubuh Anda

8 Manfaat Teh Herbal untuk Tubuh Anda

Sering disebut-sebut, jadi sebenarnya apa sih manfaat teh herbal untuk tubuh Anda? Saat ini, teh herbal adalah salah satu minuman sehat yang bisa Anda konsumsi.

Teh herbal mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan ini menawarkan manfaatkan kesehatan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Selain itu, teh herbal juga bisa jadi alternatif bagus untuk mengurangi minuman manis atau minuman mengandung kafein yang biasa Anda konsumsi. 

Lalu apa sih manfaat teh herbal sebenarnya?

Apa itu teh herbal?

Meski disebut ‘teh’, teh herbal sebenarnya tidak tidak benar-benar terbuat dari tanaman teh atau dari daun teh. Sebaliknya, teh herbal dibuat dari seduhan tumbuhan, bunga, atau akar.

Asal mula teh herbal berasal dari Mesir Kuno dan Cina Kuno. Bahkan teh herbal sudah dikenal selama ribuan tahun karena rasanya yang enak dan khasiat pengobatan yang tinggi.

Karena itulah mengapa ada begitu banyak manfaat kesehatan dari teh herbal. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kesehatan Anda.

Ada ratusan jenis teh herbal yang bisa Anda minum, tentu dengan rasa dan manfaat yang berbeda-beda.

Manfaat teh herbal juga cukup luas, mulai dari mengobati flu hingga menghilangkan stres, hingga sifat anti-penuaan.

Selain itu, tidak seperti teh lainnya, teh herbal tidak mengandung kafein. Dengan demikian teh herbal baik untuk diminum kapan saja.

Manfaat teh herbal

Ada begitu banyak manfaat teh herbal, tergantung jenis apa yang Anda konsumsi. Namun, pada umumnya ada delapan manfaat teh herbal yang bisa Anda dapatkan sebagai berikut:

  1. Melawan demam

Teh herbal sangat bagus untuk mengobati flu. Anda bisa memilih the elder tree herb, jenis ini sangat baik untuk melawan flu.

Teh herbal memiliki khasiat membersihkan saluran hidung dan menghentikan batuk berat. Beberapa jenis teh juga bisa mengurangi gejala asma.

  1. Meningkatkan kualitas pencernaan

Salah satu manfaat terbesar teh herbal adalah dapat membantu memecah lemak dan mempercepat pengosongan perut. Dengan demikian, teh herbal dapat mengurangi gejala gangguan pencernaan, kembung, dan muntah.

Jenis teh terbaik untuk mengatasi gejala pencernaan adalah teh dandelion, chamomile, cinnamon, peppermint, dan jahe.

  1. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam teh herbal sangat bagus untuk melawan penyakit dan infeksi. Teh herbal bisa melindungi Anda dari stres dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Beberapa jenis teh herbal bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Di antaranya elderberry, echinacea, ginger, and liquorice root tea.

  1. Mengurangi peradangan

Konsumsi teh herbal harian dapat membantu Anda yang menderita radang sendi. Teh herbal dapat mengurangi rasa nyeri, bengkak, dan masalah pada persendian.

Jahe adalah salah satu ramuan terbaik untuk meredakan peradangan karena mengandung gingerol.

Dengan demikian, teh herbal bisa menjadi pengobatan yang ideal untuk nyeri sendi dan otot.

  1. Memperlambat penuaan dini

Ingin terlihat lebih muda? Antioksidan yang terdapat di dalam teh herbal terbukti bisa membantu memperlambat proses penuaan.

Antioksidan bagus untuk mencegah kerusakan radikal bebas dan mengurangi penuaan sel-sel dalam tubuh.

Dengan demikian, kulit dan rambut Anda akan tampak lebih muda.

  1. Meredakan stres dan kecemasan

Teh herbal bisa membantu menenangkan pikiran Anda, mengurangi stres, dan menghilangkan kecemasan. Karena itu, meminum teh herbal di malam hari sebelum tidur juga membantu Anda yang menderita insomnia.

Salah satu jenis teh terbaik untuk menghilangkan stres adalah teh Chamomile. Jenis teh ini mengeluarkan efek anti-depresan, yang berarti bisa merangsang otak untuk mengurangi rasa depresi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Daripada mengonsumsi obat, cobalah minum teh herbal untuk membantu mengurangi tekanan darah Anda.

Teh herbal jenis Hisbiscus mengandung bahan kimia yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tanpa memberikan efek samping.

Tekanan darah tinggi dapat jadi sumber banyak penyakit. Sebab itu, teh herbal bisa jadi opsi pengobatan alami yang bagus.

  1. Bagus untuk kesehatan kulit

Teh herbal bisa jadi opsi pengobatan yang bagus untuk jerawat, tanpa efek samping seperti obat-obat pada umumnya. Ada dua cara, Anda bisa menyeduh teh seperti biasa, atau melumuri jerawat Anda dengan teh tersebut.

Dua jenis teh herbal yang baik untuk merawat kulit adalah Rooibos dan Chamomile. Keduanya mengandung antioksidan dan antibakteri tinggi.