Hidup Sehat

7 Manfaat Grapefruit Bagi Kesehatan Anda

Grapefruit termasuk golongan buat citrus yang memiliki rasa manis dan sedikit asam. Buah ini sering juga disebut sebagai jeruk bali. Ukuran grapefruit lebih besar jika dibandingkan dengan buah citrus lainnya seperti lemon, jeruk, dan jeruk nipis. Memiliki daging buah berwarna merah, grapefruit banyak mengandung vitamin, nutirisi, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah grapefruit pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara teratur. Berikut ini 7 manfaat grapefruit.

  1. Memperlancar pencernaan

Manfaat yang bisa diperoleh dengan rutin mengonsumsi grapefruit yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan. Apabila Anda mengalami sembelit, cobalah untuk mengatasinya dengan mengonsumsi grapefruit. Kandungan serat dan air pada grapefruit dapat membantu menguatkan sistem pencernaan. Selain itu, grapefruit juga dapat membantu mencegahh kanker usus besar.

  • Memperkuat imunitas

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B pada grapefruit memanglah memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya yaitu memperkuat imunitas tubuh. Dengan mengonsumsi grapefruit, maka tubuh akan terlindungi dari bakteri, virus, peradangan, dan penyakit menular. Imbangi dengan olahraga teratur dan tidur yang berkualitas agar imun tubuh senantiasa terjaga sehingga Anda tidak mudah terkena penyakit.

  • Membersihkan sel kulit mati

Bagi kecantikan grapefruit juga memberikan kontribusinya. Kandungan salicylid acid pada grapefruit dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Selain dimakan, grapefruit juga dapat dioleh menjadi minyak esensial untuk perawatan kulit. Rutin menggunakan grapefruit akan membuat kulit menjadi lebih cerah serta mengurangi jerawat di wajah.

  • Menurunkan berat badan

Buah grapefruit merupakan salah satu pilihan menu terbaik untuk pendamping diet Anda. Selain untuk diet, para penderit diabetes juga bisa terbantu dengan mengonsumsi grapefruit. Berat badan dapat turun secara signifikan ketika Anda mengonsumsi grapefruit secara teratur. Grapefruit dapat menyebabkan Anda merasa lebih kenyang sehingga asupan kalori harian dapat dikurangi. 

  • Menyehatkan kulit

Kolagen merupakan senyawa yang penting bagi kulit. Grapefruit dapat membantu pembentukan kolagen sebab terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Anda dapat membuat kulit kaya akan kolagen dan menjadi lebih sehat dengan teratur mengonsumsi grapefruit. Kandungan air pada grapefruit membantu tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga kulit senantiasa sehat dan segar. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah terjadinya penuaan diri.

  • Mencegah stoke dan kanker

Grapefruit memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sekitar 68 miligram/buah. Tidak hanya vitamin C, grapefruit juga mengandung likopen yang dapat melawan radikal bebas. Kandungan vitamin C dan likopen ini dapat mencegah kanker, lho. Selain itu, grapefruit juga mengandung falvonoid yang berfungsi menurunkan risiko terjadinya stroke.  

  • Menyehatkan jantung

Manfaat lain grapefruit yaitu dapat menyehatkan jantung. Kandungan yang ada di dalam grapefruit yang bermanfaat bagi jantung sangat lengkap seperti kalium, vitamin C, likopen, potasium, dan kolin. Dengan mengonsumsi grapefruit secara teratur akan mengurangi risiko Anda terkena darah tinggi dan kolesterol.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda tetap harus membatasi konsumsi grapefruit sebab jika berlebihan dapat memberikan efek samping. Konsumsi grapefruit secara berlebihan dapat membuat kerusakan pada gigi. Selain itu, Anda perlu mengingat bahwa grapefruit tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan seperti indinavir, karbamazepin, benzodiazepin, dan imunosupresan. Hal ini dikarenakan grapefruit dapat mengganggu kinerja obat sehingga pengobatan yang sedang dijalani menjadi kurang efektif. Apabila Anda memiliki penyakit tertentu seperti maag, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai konsumsi grapefruit sebab bisa saja malah semakin melukai lambung Anda.